layanan service googlecode resmi di tutup di ganti ke layanan hosting ini

Bidding farewell to Google Code - Google Code adalah layanan hosting proyek yang dimulai pada tahun 2006 ,Seperti yang telah di beritahukan pada 2014 silam bahwa layanan googlecode akan di tutup, pemberitahuan itu bukan isapan jempol belaka, google benar-benar serius akan itu, pada tanggal 12 maret 2015 google resmi menyatakan layanan googlecode di nonaktifkan, layanan ini di maksudkan kita dapat dapat membuat projek barau di googlecode, dalam waktu lebih kurang 10 bulan ini kita diberi kesempatan untuk memindahkan semua file yang ada di googlecode ke hosting lain.

GooglecodeToGithub.png


Lagi-lagi google serius dengan pernyataannya setelah pembuatan projek baru googlecode di hentikan tanggal 12 maret 2015, selanjutnya pada tanggal 24 agustus 2015 kita hanya bisa membaca file projek serta melihat wiki, selebihnya tidak dapat melakukan apapun, google juga memberitahukan layanan googlecode akan benar-benar di hentikan pada tanggal 25 januari 2016.
Karena khawatir tentang keandalan dan stagnasi dari googlecode, untuk itu diambil tindakan dengan memberikan komunitas open source pilihan lain untuk memilih, google tidak mau penggunanya kecewa, dari itu untuk memindahkan file tersebut, sudah disiapkan layanan baru yang sudah bekerjasama yaitu "GITHUB", dengan github kita cukup melalukan migrasi melalui sebuah tools, tool ini mirip seperti kita mau pindah artikel blogspot ke blogspot lain atau dari wordpress ke blogspot. kita dapat menggunakan tool tersebut di  Google Code to GitHub exporter tool. namun pastinya sudah mendaftar di github. jangan khawatir ini cara kerjanya otomatis, importir GitHub akan mengkonversi Subversion atau proyek Mercurial Google Code menggunakan Git saat proses.

Selain github google juga menyediakan layan lainnya seperti di Bitbucket dan SourceForge.

GitHub dan Bitbucket keduanya sudah siap bekerja sama dengan pengembang setelah Google Code di hentikan.
saya sendiri sudah hampir selesai memindahkan fie googlecode ke github.

Referensi: http://google-opensource.blogspot.com/2015/03/farewell-to-google-code.html

2 comments:

  1. <a href="http://koleksilagukesukaan.blogspot.com/>Test juga ah..</a>

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan anda dan Terima kasih sudah Berkomentar sesuai postingan